SMAN 3 Jakarta Nama : ………………………….... Kelas : ……………
LEMBAR BELAJAR 1
PERSAMAAN LINGKARAN
DEFINISI LINGKARAN
Lingkaran adalah himpunan titik-titik yang …..……………...………
…………………………………………………………………………
Titik tertentu tersebut disebut ……….…. lingkaran dan jaraknya tersebut disebut ………………. .
PERSAMAAN LINGKARAN
Persamaan lingkaran yang berpusat di O(0,0) dan berjari-jari r adalah:
Persamaan lingkaran yang berpusat di P(a, b) dan berjari-jari r adalah:
Persamaan lingkaran “bentuk panjang” (bentuk implisit) adalah:
Untuk lingkaran bentuk panjang ini, koordinat titik pusatnya adalah
P ( …... , ……. ) dan jari-jarinya
Contoh 1
Tentukan pusat dan jari-jari lingkaran:
a)
b) .
Contoh 2
Tentukan persamaan lingkaran yang berpusat di titik (3, –1) dan berdiameter 10 satuan.
Contoh 3
Titik (2, 5) terletak pada lingkaran . Tentukan jari-jari lingkaran!
Soal Latihan
1. Tentukan titik pusat dan jari-jari lingkaran-lingkaran berikut ini:
a)
b)
c)
d)
e)
2. Buatlah persamaan lingkaran:
a) yang berpusat di titik asal O(0, 0) dan berjari-jari 6 satuan
b) yang berpusat di titik asal O(0, 0) dan berjari-jari satuan
c) yang berpusat di titik (3, 1) dan berjari-jari satuan
d) yang berpusat di titik (2, –4) dan berjari-jari satuan
e) yang berpusat di titik (–1, 0) dan berdiameter satuan
f) yang berpusat di titik (0, 1) dan melalui titik (3, 5)
3. Tentukan persamaan lingkaran:
a) yang berdiameter 14 satuan dan berpusat di titik potong garis
y = x dengan garis 2x – y = 8.
b) yang berpusat di (4, 1) dan menyinggung sumbu X
c) yang berpusat di (–2, 5) dan menyinggung garis x = 1.
4. Tentukan titik pusat dan jari-jari lingkaran berikut ini!
a)
b)
c)
d)
5. Tentukan nilai p jika:
a) Lingkaran melalui titik (4, 0)
b) Lingkaran berjari-jari 5 satuan
c) Lingkaran melalui titik (11, 0)
6. Buktikan dengan rumus Pythagoras, persamaan lingkaran yang berpusat di P(a,b) dan berjari-jari r adalah .
7. Buktikan bahwa lingkaran dengan persamaan bentuk implisit mempunyai pusat di dan berjari-jari .
SMAN 3 Jakarta Nama : ………………………….... Kelas : ……………
LEMBAR BELAJAR 2
TITIK, GARIS, DAN LINGKARAN
Jarak Dua Titik
Jarak titik dan adalah:
Gradien Garis yang Melalui Dua Titik
Gradien garis yang melalui titik dan adalah:
Persamaan Garis yang Diketahui Gradien dan Satu Titik yang Dilaluinya
Persamaan garis bergradien m yang melalui titik :
Dua Garis Sejajar
Jika dua garis sejajar, maka gradiennya …….
Dua Garis Saling Tegak Lurus
Jika dua garis saling tegak lurus, maka hasil kali gradiennya sama dengan …..
Jarak Titik ke Garis
Jarak titik (x1, y1) ke garis adalah:
Kedudukan Titik Terhadap Lingkaran
Misalkan lingkaran L mempunyai persamaan .
Titik P terletak di dalam lingkaran L
Titik Q terletak pada lingkaran L
Titik R terletak di luar lingkaran L
Jika persamaan lingkaran L mempunyai berbentuk , maka:
Titik P terletak di dalam lingkaran L
Titik Q terletak pada lingkaran L
Titik R terletak di luar lingkaran L
Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran
Kedudukan garis terhadap lingkaran ada tiga:
a. Garis memotong lingkaran di dua titik.
Berlaku:
b. Garis menyinggung lingkaran (di satu titik).
Berlaku:
c. Garis tidak memotong dan tidak menyinggung lingkaran.
Berlaku:
Di sini, adalah “diskriminan gabungan” yaitu diskriminan dari persamaan kuadrat hasil ……………… persamaan garis ke persamaan lingkaran. Jika persamaan kuadrat hasil substitusinya berbentuk atau , maka
Contoh 1
Tentukan persamaan lingkaran yang berpusat di (4, –1) dan menyinggung garis 2x + y = 4.
Contoh 2
Selidiki posisi titik (–4, 7) terhadap lingkaran Apakah berada di dalam, pada, atau di luar lingkaran?
Contoh 3
Selidiki kedudukan garis 3x + y = 9 terhadap lingkaran . Apakah memotong, menyinggung atau tidak memotong dan tidak menyinggung?
Soal Latihan
1. Tentukan jarak:
a) Titik ke titik
b) Titik ke titik
c) Titik ke garis .
d) Titik ke garis .
e) Titik ke garis .
2. Tentukan apakah titik berikut terletak di dalam, pada, atau di luar lingkaran
a) A(10, 12)
b) B(–9, 9)
c) C(15, 4)
3. Tentukan kedudukan garis berikut terhadap lingkaran :
a) y = x + 1
b) x + 2y = 13
4. Titik P(a, 2a) terletak di luar lingkaran . Tentukan semua nilai a yang mungkin!
5. Agar titik S(p, 6) terletak di dalam lingkaran , tentukan nilai-nilai p.
6. Tentukan persamaan lingkaran yang berpusat di (1, 2) dan menyinggung garis y = x + 5.
7. Persamaan lingkaran yang berpusat di (3, –4) dan menyinggung garis 2x + ky = 6 adalah . Tentukan nilai k.
8. Jarak titik (x1, y1) ke garis adalah
.
Apakah pernah terpikir oleh Anda dari mana datangnya rumus ini?
Dengan jujur, jawab dahulu: ya atau tidak! Jawab : …………..
Jika jawaban Anda “ya” maka buktikanlah rumus ini!
Jika jawaban Anda “tidak”, maka coba buka kembali buku SMP tentang persamaan garis dan gradien, dan pelajarilah! Setelah itu buktikan rumus yang diminta tersebut!
9. Periksalah bahwa titik P(4,–8) terletak pada lingkaran . Lalu tentukan persamaan garis singgung lingkaran tersebut di titik P!
10. Selidiki bahwa titik T(8, 10) terletak di luar lingkaran . Lalu hitung jarak terdekat titik T ke lingkaran tersebut!
SMAN 3 Jakarta Nama : ………………………….... Kelas : ……………
LEMBAR BELAJAR 3
GARIS SINGGUNG LINGKARAN
Persamaan Garis Singgung Lingkaran yang Melalui Titik
(x1, y1) pada Lingkaran L.
Misalkan titik (x1, y1) terletak pada lingkaran Garis g adalah garis singgung lingkaran yang melalui titik (x1, y1).
Jika persamaan lingkaran L adalah , maka persamaan garis singgung g adalah:
Jika persamaan lingkaran L adalah , maka persamaan garis singgung g adalah:
Jika persamaan lingkaran L adalah , maka persamaan garis singgung g adalah:
Persamaan Garis Singgung Bergradien m.
Misalkan ada suatu lingkaran. Lalu kita buat (kumpulan) garis-garis bergradien m (karena gradiennya sama maka garis-garisnya sejajar). Kita dapatkan hanya …… buah garis bergradien m yang menyinggung lingkaran tersebut.
Persamaan garis singgung bergradien m pada lingkaran berpusat di O(0, 0) dan berjari-jari r adalah:
y =
Persamaan garis singgung bergradien m pada lingkaran berpusat di
(a, b) berjari-jari r adalah:
Sifat Garis Singgung Lingkaran:
“Garis singgung lingkaran itu selalu menyinggung lingkaran dengan ……………………………… jari-jari di titik singgungnya”
Contoh 1
Tentukan persamaan garis singgung lingkaran di titik (–1, 9).
Contoh 2
Tentukan persamaan garis singgung lingkaran di titik (3, 2).
Contoh 3
Tentukan persamaan garis singgung lingkaran yang mempunyai gradien 2.
Contoh 4
Tentukan persamaan garis singgung lingkaran yang ditarik dari titik (8, 2).
Soal Latihan
1. Tentukan persamaan:
a) garis singgung lingkaran di titik (9, 10)
b) garis singgung lingkaran di titik (5, 12)
c) garis singgung lingkaran di titik (2, 0)
d) garis singgung lingkaran di titik
(–2, 3)
2. Bila lingkaran melalui titik P(–2, 3) maka tentukan persamaan garis singgung lingkaran di P!
3. Tentukan titik potong lingkaran yang berpusat di A(1, 2) dan berjari-jari dengan sumbu Y! Lalu tentukan persamaan garis singgung lingkaran melalui titik potong tersebut!
4. Tentukan persamaan garis singgung lingkaran yang mempunyai gradien 2.
5. Garis singgung yang melalui titik (–2, 2) pada lingkaran membentuk sudut dengan sumbu X positif. Tentukan nilai .
6. Tentukan persamaan garis singgung lingkaran yang tegak lurus dengan garis 4x – 3y + 12 = 0.
7. Tentukan persamaan garis singgung lingkaran yang ditarik melalui titik A(3,1).
8. Tentukan persamaan garis singgung lingkaran yang melalui titik B(–3, –1).
9. Perhatikan gambar! Segitiga ABC adalah segitiga samasisi dengan panjang sisi 6 cm. Tentukan panjang jari-jari lingkaran L1 dan L2.
10. Dari titik di luar lingkaran , ditarik dua garis singgung lingkaran. Misalkan dua titik singgungnya adalah titik A dan titik B. Garis kutub (garis polar) adalah garis yang melalui dua titik singgung ini, yaitu garis AB. Buktikan bahwa persamaan garis kutub pada soal ini adalah .
SMAN 3 Jakarta Nama : ………………………….... Kelas : ……………
LEMBAR BELAJAR 4
HUBUNGAN DUA LINGKARAN
Misalkan ada dua lingkaran, masing-masing berjari-jari r1 dan r2. Misalkan pula jarak antara kedua pusat lingkaran tersebut = d. Hubungan dua lingkaran dapat berupa:
a) Sepusat
Syarat: d = …
b) Saling lepas
Syarat: ………
c) Berpotongan/beririsian (di dua titik)
Syarat: ………
d) Bersinggungan luar
Syarat: ………
e) Bersinggungan dalam
Syarat: ………
f) Di dalam sesamanya
Syarat: ………
Contoh 1
Selidiki hubungan antara lingkaran dan lingkaran .
Contoh 2
Tentukan persamaan lingkaran berpusat di sumbu Y, dan bersinggungan dalam dengan lingkaran dan berjari-jari 1.
Contoh 3
Tentukan persamaan tali busur persekutuan dan titik potong lingkaran dan lingkaran .
Soal Latihan
1. Tentukan hubungan lingkaran dan lingkaran .
2. Buktikan bahwa kedua lingkaran berikut:
bersinggungan di luar, kemudian tentukan titik singgung kedua lingkaran tersebut!
3. Tentukan hubungan antara lingkaran dan lingkaran
4. Tentukan persamaan garis (tali busur) yang melalui titik potong kedua lingkaran berikut, kemudian tentukan kedua titik potong tersebut!
5. Diberikan dua lingkaran:
Tentukan batasan nilai r agar L1 dan L2 saling berpotongan!
6. Tunjukkan bahwa garis singgung di titik (–1, –3) pada lingkaran
juga menyinggung lingkaran . Tentukan pula panjang tali busur persekutuannya tersebut!
SMAN 3 Jakarta Nama : ………………………….... Kelas : ……………
LEMBAR BELAJAR 5
KONSEP DASAR SUKU BANYAK
Pengertian Suku Banyak (Polinom)
Suku banyak atau polinom adalah bentuk aljabar yang dapat dinyatakan sebagai:
dengan
Di sini,
adalah peubah (…………………..)
Pangkat tertinggi x, yaitu n disebut sebagai …….…………
Bilangan adalah konstanta real, yang disebut sebagai ……….
adalah ………………. dari suku
adalah koefisien dari ……..
adalah koefisien dari ……..
adalah koefisien dari ……..
disebut …………….
Sebagai contoh, suku banyak adalah suku banyak dengan peubah …., berderajat …. , koefisien suku x3 adalah …. , koefisien suku x2 adalah …. , koefisien suku x adalah …., dan (koefisien) suku tetapnya adalah … .
Contoh lain, suku banyak adalah suku banyak dengan peubah …. , berderajat …… , dengan koefisien suku tertingginya …. , dan suku tetapnya ……
Kesamaan Dua Suku Banyak
Misalkan ada dua suku banyak:
dan
Kedua suku banyak ini adalah suku banyak yang sama jika dan hanya jika:
yakni koefisien dari suku-suku yang …………………… sama pula besarnya.
Pembagian Suku Banyak
Analog dengan bilangan bulat, dalam suku banyak ada juga pembagian. Pada bilangan bulat, sebagai contoh,
16 dibagi 3 hasilnya ….. sisanya ….
17 dibagi 3 hasilya …… sisanya …..
18 dibagi 3 hasilnya ….. sisanya ….
Ditulis : 16 = 3 x … + ….
17 =
18 =
Di sini, bilangan 3 berperan sebagai ………
Terlihat bahwa sisa selalu ………………… daripada pembagi.
Pada suku banyak, misalkan suku banyak dibagi suku banyak lain (berperan sebagai pembagi), hasilnya dan sisanya . Ditulis:
Derajat dari s(x) selalu ……………….. dari pada derajat ……
Jika , maka dikatakan: ………………… oleh
atau: adalah ………….. dari .
Contoh 1
Tentukan hasil bagi dan sisa jika suku banyak dibagi dengan Tentukan pula derajat dari sisanya!
Contoh 2
Diketahui dan .
a) Tentukan hasil bagi dan sisa jika dibagi
b) Berapa derajat dari sisanya?
c) Tentukan nilai .
d) Jelaskan hubungan antara sisa dan .
Soal Latihan
1. Sebutkan nama peubah, derajat serta koefisien-koefisien dari tiap suku banyak berikut:
a)
b)
c)
d)
e)
2. Tentukan:
a) koefisien suku dari suku banyak
b) koefisien suku dari suku banyak
c) koefisien suku dari suku banyak
d) koefisien suku tetap dari suku banyak
e) koefisien suku dari suku banyak
3. Tentukan nilai k jika diketahui kesamaan suku banyak:
4. Diketahui kesamaan pecahan:
.
Tentukan nilai m dan n.
5. Tentukan hasil bagi dan sisa pada pembagian suku banyak berikut ini:
a) dibagi
b) dibagi
c) dibagi
d) dibagi
6. Tunjukkan bahwa suku banyak habis dibagi . Tentukan pula hasil baginya.
7. Tentukan nilai p dan q jika suku banyak habis dibagi dengan
SMAN 3 Jakarta Nama : ………………………….... Kelas : ……………
LEMBAR BELAJAR 6
METODA HORNER
Pembagian Suku Banyak
Pada pembagian suku banyak dengan pembagi berbentuk linier, dapat dilakukan dengan metoda ……….. .
Contoh 1
Diketahui dan . Tentukan hasil bagi dan sisa jika dibagi . Lakukan dengan metoda Horner!
Contoh 2
Misalkan suku banyak habis dibagi . Dengan metoda Horner, carilah nilai p.
Contoh 3
Dengan metoda Horner, tentukan hasil bagi dan sisa jika suku banyak dibagi dengan .
Soal Latihan
1. Dengan metoda Horner, tentukan hasil bagi dan sisa pada pembagian suku banyak:
a) dibagi
b) dibagi
c) dibagi
2. Dengan metoda Horner, tentukan hasil bagi dan sisa pada pembagian suku banyak:
a) dibagi
b) dibagi
3. Dengan metoda Horner, tentukan nilai p jika:
a) dibagi sisanya 10.
b) habis dibagi
4. Suku banyak habis dibagi . Tentukan nilai m yang mungkin dengan metoda Horner!
5. Jika adalah faktor dari tentukan nilai a. Kemudian tentukanlah faktor-faktor lainnya.
6. Dengan metoda Horner, tentukan hasil bagi dan sisa jika polinom dibagi dengan .
SMAN 3 Jakarta Nama : ………………………….... Kelas : ……………
LEMBAR BELAJAR 7
TEOREMA-TEOREMA SUKUBANYAK
Teorema Sisa
“Suku banyak jika dibagi maka sisanya = …. “
“Suku banyak jika dibagi maka sisanya = ……. “
Bukti:
Contoh 1
Tentukan sisa pembagian oleh
Teorema Faktor
“Misalkan sebuah suku banyak.
Maka adalah faktor dari jika dan hanya jika ………. “
Dalam hal ini, dikatakan pula ………….. dibagi oleh .
Bukti:
Contoh 2
Tentukan a sehingga adalah faktor dari
Akar-akar dari Persamaan Suku Banyak
Misalkan sebuah suku banyak. Akar-akar dari persamaan suku banyak adalah nilai-nilai …. yang memenuhi persamaan tersebut.
Teorema-teorema Persamaan Suku Banyak
• adalah faktor dari suku banyak jika dan hanya jika adalah akar dari persamaan .
• Jika suku banyak berderajat n, maka persamaan mempunyai maksimum n akar real.
• Akar-akar rasional dari persamaan suku banyak dengan koefisien bilangan bulat dapat ditentukan melalui langkah-langkah berikut:
Langkah 1
Tentukan akar-akar rasional yang mungkin. Akar-akar rasional yang mungkin adalah berbentuk , dengan p adalah faktor bulat dari , dan adalah faktor bulat dari .
Langkah 2:
Pilih dari semua kemungkinan pada langkah 1, yang memenuhi persamaan suku banyak .
Contoh 3
Tentukan akar-akar dari persamaan suku banyak
Contoh 4
Suku banyak dibagi sisanya 3, sedangkan jika dibagi sisanya 6. Tentukan sisanya, jika dibagi dengan .
Soal Latihan
1. Tentukan sisa jika
a) dibagi
b) dibagi
c) dibagi
2. Dengan teorema faktor, tunjukkan bahwa:
a) dan adalah faktor-faktor dari
b) adalah faktor dari
3. Hitung nilai p jika mempunyai faktor
4. Hitung nilai p jika habis dibagi Tunjukkan pula bahwa untuk nilai p tersebut, suku banyak di atas juga mempunyai faktor
5. Tentukan akar-akar rasional dari persamaan .
6. Tentukan akar-akar rasional dari persamaan
7. Tentukan akar-akar rasional dari persamaan .
8. Jika 2 adalah salah satu akar dari persamaan , tentukan akar-akar yang lain.
9. Suku banyak dibagi sisanya –3 , sedangkan jika dibagi sisanya 5. Tentukan sisanya, jika dibagi dengan .
10. Suku banyak habis dibagi , sedangkan jika dibagi sisanya 3. Tentukan sisanya, jika dibagi dengan .
11. Diketahui suku banyak jika dibagi dengan sisanya , sedangkan jika dibagi dengan sisanya . Tentukan sisa jika dibagi dengan .
12. Suku banyak jika dibagi dengan , , dan sisanya berturut-turut –1, –12, dan 31. Tentukan sisa pembagian oleh
SMAN 3 Jakarta Nama : ………………………….... Kelas : ……………
LEMBAR BELAJAR 8
RUMUS-RUMUS PENGAYAAN
Bentuk habis dibagi
Bentuk habis dibagi
Bentuk habis dibagi
Rumus Binomial Newton
Segitiga Pascal:
1
1 1
1 2 1
1
1
1
Rumus Kuadrat dari Jumlah
Rumus Vieta
[Kubik] Misalkan akar-akar dari persamaan
adalah dan
Maka berlaku:
[Pangkat Empat] Misalkan akar-akar dari persamaan
adalah dan
Maka berlaku:
Contoh 1
Dengan teorema faktor, buktikan bahwa untuk setiap bilangan asli n, bentuk habis dibagi .
Contoh 2
Tentukan hasil dari pembagian .
Contoh 3
i) Tentukan koefisien suku dari penjabaran .
ii) Tentukan koefisien suku dari penjabaran .
Contoh 4
Diketahui akar-akar dari persamaan kubik
adalah dan
Tentukan nilai dari:
i)
ii)
iii)
iv)
Soal Latihan
1. Dengan teorema faktor, tunjukkan bahwa bentuk habis dibagi .
2. Apakah bentuk habis dibagi ? Jika tidak, berapakah sisanya?
3. Tentukan hasil pembagian .
4. Faktorkan bentuk .
5. Tentukan hasil pembagian .
6. Buktikan bahwa bentuk habis dibagi Tuliskan pula hasil baginya.
7. Tentukan koefisien suku dari penjabaran .
8. Tentukan koefisien suku dari penjabaran .
9. Tentukan koefisien suku dari penjabaran .
10. Tentukan koefisien suku dari penjabaran .
11. Diketahui akar-akar dari persamaan kubik
adalah dan Tentukan nilai dari
12. Diketahui akar-akar dari adalah Tentukan nilai:
a)
b)
c)
13. Jika akar-akar dari persamaan adalah dan tentukan nilai dari:
a)
b)
14. adalah akar-akar dari persamaan . Jika tentukan nilai p.
15. Diketahui akar-akar persamaan
adalah dan Tentukan nilai dari:
a)
b)
c)
Catatan:
Betway Casino, Las Vegas, NV - Mapyro
BalasHapusA review of the Betway Casino in Las 제주도 출장안마 Vegas, 시흥 출장마사지 NV. Find reviews and discounts for 밀양 출장안마 AAA/AARP members, seniors, 동해 출장안마 groups 김제 출장안마 & military.