Jumat, 12 Maret 2021

Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining

 

Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining


Pengertian Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining

    Secara umum, strategi dapat diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi untuk sampai pada tujuan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatanuntuk mencapai sasaran khusus (yang diinginkan). Dengan demikian, strategi dapat diartikan sebagai suatu susunan, pendekatan, atau kaidah-kaidah untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan tenaga, waktu, serta kemudahan secara optimal.
    Strategi pembelajaran StudentFacilitator and Explaining merupakan rangkai penyajian materi ajar yang diawali dengan penjelasan secara terbuka, memberi kesempatan siswa untuk menjelaskan kembali kepada rekanrekannya, dan diakhiri dengan penyampaian semua materi kepada siswa. Gagasan dari strategi pembelajaran ini adalah bagaimana guru mampu menyajikan atau mendemonstrasikan materi di depan siswa lalu memberikan mereka kesempatan untuk menjelaskan kepada teman-temannya. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) merupakan salah satu dari tipe model pembelajaran kooperatif. Di dalam kelas kooperatif siswa belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang siswa yang sederajat tetapi heterogen, kemampuan, jenis kelamin, suku/ras, dan satu sama lain saling membantu. Tujuan dibentuknya kelompok tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan kegiatan belajar mengajar.
    

Langkah-Langkah Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining

Langkah-langkah Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah sebagai berikut:
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru mendemonstrasikan/ menyajikan materi
  3. Memberikan kesempatan siswa/ peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya, baik melalui bagan/ peta konsep maupun yang lainnya.
  4. Guru menyimpulkan ide/ pendapat dari siswa
  5. Guru menyimpulkan semua materi ysng disajikan saat itu
  6. Penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar