Jumat, 12 Maret 2021

Student Centered Learning

 

Student Centered Learning


Metode Student Centered Learning ini memberikan beberapa manfaat bagi mahasiswa, di antaranya:

  1. Mahasiswa menjadi “civitas academica” yang seutuhnya

Memang secara umum, mahasiswa pun bagian dari civitas academica. Namun apakah itu sudah berjalan semestinya? Tidak, jika mahasiwa belum menjadi bagian integral dari komunitas akademik. Dengan kata lain, mahasiswa belum sepenuhnya menjadi civitas academica jika posisinya masih sebagai objek ceramah dosen. Apalagi, jika penilaiannya ditentukan hanya dari bagaimana mereka bisa “mengulang” isi ceramah pada lembar kerja saat ujian.

 

  1. Meningkatkan motivasi belajar

Jika mahasiswa sadar akan perannya sebagai civitas academica, mereka akan termotivasi untuk menguasai teori dan terus melakukan kajian. Belum lagi jika mereka difasilitasi untuk turut mempublikasikan karya ilmiah. Selain melakukan penelitian, mereka bisa termotivasi untuk menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya, baik dalam bentuk jurnal maupun buku.

 

  1. Lebih independen dan bertanggung jawab untuk belajar

Dengan memusatkan pada mahasiswa, maka mahasiswa dituntut untuk aktif belajar. Mereka harus melakukan penelitian kemudian mempresentasikannya saat kuliah.

  1. Mahasiswa bisa belajar lebih mendalam

Mahasiswa menjadi punya peluang untuk mendalami bidang ilmu yang ditekuni secara mandiri, tidak terikat oleh materi-materi dari dosennya.

Bukan hanya mahasiswa, dosen pun mendapatkan manfaat dari Student Centered Learning ini. Apa saja manfaatnya?

  1. Kerja Anda sebagai dosen terbantu

Anda tidak harus menyiapkan bahan ajar atau materi setiap pertemuan. Penyiapan bahan ajar sudah ditugaskan kepada mahasiswa. Anda cukup memberikan evaluasi atau penilaian yang membangun terkait materi dan kesimpulan dari mahasiswa.

  1. Mengintegrasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Dengan metode SCL, Anda mengajak mahasiswa untuk aktif melakukan penelitian dan menjadikannya bahan pembelajaran. Itu artinya Anda dan mahasiswa “bekerja sama” dalam menginterasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam satu kinerja atau perkuliahan.

 

  1. Semakin profesional

Jika Anda mampu menerapkan Student Centered Learning kepada mahasiswa-mahasiswa, tentu menjadi tambahan skill bagi Anda. Hal yang lebih penting, Anda pun terbantu untuk mendapatkan inspirasi bahkan sumber kajian yang baru dari hasil penelitian mahasiswa-mahasiswa Anda. Ini bisa berlanjut, misal mengadakan kolaborasi penelitian dengan mahasiswa terkait. Tentu saja, ini akan meningkatkan profesionalitas Anda sebagai dosen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar