Senin, 08 April 2019

12 Tumbuhan Langka di Dunia

12 Tumbuhan Langka di Dunia

1. Welwitschia mirabilis

Merupakan jenis tanaman tangguh asli dari Namibia. Tanaman ini hanya memiliki dua daun, sistem perakaran, dan batang. Batang tanaman semakin lama akan kian menebal dan daunnya juga bakal terus tumbuh. Tanaman ini tak bertambah tinggi, maksimal hanya mencapai 2 meter. Akan tetapi tanaman asli Namibia tersebut dapat melebar sampai dengan 8 meter. Umur tanaman panjang antara 400-15 abad. Dapat hidup tanpa guyuran hujan selama 5 tahun. Orang Namibia menyebutnya onyanga atau jika diartikan bernama bawang padang pasir, dapat diolah dan dimasak maupun dimakan dalam keadaan mentah.
2. Tanaman bola baseball

Tumbuhan dengan nama latin euphorbia obese ini hanya dapat dijumpai di Great Karoo, Afrika Selatan. Bentuk tanaman yang unik, membuatnya banyak diambil oleh kolektor tanaman. Banyaknya tangan yang memburu tanaman ini sebagai koleksi, berdampak pada kerusakan populasi tanaman bola baseball.
Akhirnya pemerintah Afrika Selatan mengambil langkah untuk melindungi tanaman ini agar tidak punah dan semakin rusak.
3. Tanaman menari

Mempunyai nama latin desmodium gyrans. Tanaman ini mendapat julukan dari Darwin yaitu hedysarum. Tanaman menari memiliki nama lain rumput menari atau dancing grass dan tanaman semaphore (semaphore plant).
Tanaman ini dinamai tanaman menari karena daunnya dapat bergerak seolah seperti tengah menari atau membuat gerakan semaphore. Tidak sulit menanam tumbuhan menari, hanya perlu cahaya matahari dan air secukupnya. Tidak membutuhkan pupuk khusus.
4. Tanaman kebangkitan

Tanaman kebangkitan atau tanaman jericho mempunyai nama latin selaginella lepidophylla. Ini merupakan sejenis tanaman gurun. Dapat hidup di wilayah yang kering dan bertahan ketika terjadi kekeringan atau kemarau panjang.
Saat musim kering tiba, batang dari tanaman kebangkitan akan menggulung layaknya bola dan mengkerut, sedangkan tatkala musim hujan datang tanaman ini pun melepaskan diri dari gulungan dan normal kembali. Apabila ingin melihat tanaman ini, jumpai di kawasan gurun Cihuahua.
5. Pohon dinamit

Pohon dinamit dengan nama latin hura brasiliensis, asalnya dari hutan Amazon. Banyak julukan yang disematkan pada pohon ini yaitu pohon neraka dan pohon kotak pasir (sandbox tree). Batangnya tertutup duri-duri yang tajam dengan getah pohon yang memiliki racun. Orang-orang setempat memanfaatkan getah yang beracum untuk melumuri mata panah. Pohon dinamit pun berbuah. Tetapi buah dinamit tidak seperti buah pada umumnya, lho. Apabila sudah matang, buah dinamit ini akan meledak! Ledakannya cukup kuat sampai-sampai dapat membuat hewan dan manusia yang tengah lewat dekat pohon dinamit luka. Karena buahnya yang mampu membuat ledakan, tanaman ini pun dinamai dengan pohon dinamit.

6. Pohon darah naga

Tumbuhan asli dari kepulauan Socotra ini mempunyai nama latin dracaena cinnabari. Sebutan lain pohon darah naga yaitu pohon naga Socotra. Bentuk pohon darah naga unik menyerupai payung dengan getah yang berwarna merah seperti darah. Getah pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai obat.
Warna merahnya yang terang dan mencolok membuatnya juga dipakai untuk pewarna merah yang alami.
7. Pohon botol

Pohon botol dinamakan juga dengan sebutan pohon baobab. Bisa ditemukan di Madagaskar, Australia, Afrika. Pohon botol ini memang mempunyai bentuk yang mirip sekali dengan botol. Selain bentuknya yang menyerupai botol itu, ia juga bisa menyimpan air sampai dengan 300 liter.
Pohon botol dapat tumbuh sampai dengan 500 tahun lamanya, tergolong tumbuhan yang tahan dan tangguh.
8. Silk floss tree

Nama latinnya ceiba speciosa. Tanaman ini hanya dapat ditemui di kawasan hutan subtropis dan tropis Amerika Selatan (Paraguay, Argentina, Brazil, dan sebagainya).
Tinggi sampai dengan 81 kaki. Duri kerucut raksasa tersebar di cabang serta batangnya. Duri itu berguna untuk penghematan air. Daerah Persebaran tanaman langka di dunia ini berada di berbagai daerah di amerika selatan, namun pernah juga ditemukan di ASIA terutama di asia timur.
9. Rainbow eucalyptus

Memiliki nama latin eucalyptus deglupta. Rainbow eucalyptus (gum Mindanao)  adalah jenis pohon cemara yang tingginya hingga 246 kaki. Dapat ditemui di Indonesia sampai dengan Filipina.
Cabang dan batang pohon mempunyai gurat-gurat mencolok warna-warni (merah, ungu, hijau, pink, kuning, oranye). Warna yang mirip pelangi tersebut terbentuk dengan sendirinya secala alami. Persebaran pohon ini sangat langka dan hanya ditemui di asia tenggara dan persebarannya pun sudah mulai dan hampir punah.
10. Methuselah

Tanaman yang umurnya kira-kira 4.841 tahun ini diperkirakan lebih tua dari peradaban manusia. Methuselah bertunas ketika zaman perunggu, 2000 tahun sebelum kota Roma didirikan dan beberapa ratus tahun sebelum dibangunnya great pyramid Giza.
Pertumbuhan tanaman pada daerah dingin dan termasuk dalam golongan lambat tumbuh. Sifat kayu pohon methuselah tahan dengan serangan berbagai penyakit dan padat.
11. Angel oak

Pohon yang tumbuh di wilayah South Carolina, tepatnya di Johns Island ini berumur sekitar 1.500 tahun. Sementara luas kanopinya 1.200 meter persegi.
Keliling pohon 28 meter, panjang cabang sekitar 100 kaki. Angel oak, termasuk dalam kategori pohon tangguh yang dapat bertahan dari gempuran bencana alam di sekelilingnya seperti, banjir, badai, serta gempa bumi.
12. Elia bouybon

Biasa disebut juga dengan olive tree of vouves. Pohon zaitun tertua ini masih berbuah tiap tahunnya. Umur pohon sekitar 3500-4000 tahun. Letaknya di desa Ano Vouves, Crete. Banyak orang yang datang untuk melihat pohon zaitun kuno ini, kurang lebih 20.000 orang per tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar