Senin, 08 April 2019

Teknik Pengumpulan Data Penelitian


 Teknik Pengumpulan Data Penelitian

Menurut Sugiyono (2008: 224) “Metode pengumpulan data merupakan langkah yang paling utama dalam penelitian, karena tujuan utama dalam penelitan  adalah mendapatkan data”. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data ada  dua cara yaitu sebagai berikut: 
1.        Metode Dokumentasi
Menurut Sugiyono (2008: 240) “Dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar-gambar, atau  karya-karya monumental dari seseorang”. Data yang diperoleh untuk menguji  kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
2.        Metode Tes
Menurut Arikunto, Suharsimi (2009: 52) “Tes merupakan alat atau  prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam  suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan”. Tes yang  mengukur apa yang telah dipelajari pada  berbagai bidang studi, jenis data yang  dapat diambil menggunakan tes hasil belajar (achievement test) ini adalah taraf  prestasi dalam belajar. Pada penelitian ini metode tes digunakan untuk  mengumpulkan data prestasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran  setelah dikenai suatu perlakuan. Tes ini berupa soal-soal mengenai materi pokok  lingkaran. Yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda.
Penskoran penilaian  Jumlah skor yang diperoleh x 100 / Jumlah Skor Maksimal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar