Hasil Belajar Siswa
a.
Belajar
Belajar adalah proses alami yang dapat membawa perubahan pada
pengetahuan, tindakan dan perilaku seseorang (Subur: 1). Belajar merupakan
proses aktif, yang
dimaksud proses aktif di sini bukan hanya aktivitas yang nampak seperti gerakan
badan, akan tetapi juga aktivitas- aktivitas mental seperti proses berfikir,
mengingat dan lain sebagainya. Belajar merupakan sebuah proses pengembangan pengetahuan,
ketrampilan dan sikap yang terjadi ketika seseorang melakukan interaksi secara
intensif dengan sumber-sumber belajar (Heinich
dalam Subur, 2005: 1). Belajar
adalah upaya merubah perfomansi yang
tidak hanya terbatas pada aspek ketrampilan, tetapi juga meliputi fungsi-fungsi
skill, persepsi, emosi, cara berpikir dan kecerdasan, sehingga menimbulkan
performansi yang lebih baik
(Degeng dalam Subur, 2015: 2). Dari uraian tersebut
dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses yang menyebabkan seseorang
terjadi perubahan pada seseorang baik dari pengetahuan, tingkah laku, dan
keterampilannya.
b.
Hasil Belajar
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki
siswa setelah menerima pengalaman belajarnya (Sudjana, 2004: 22). Dengan kata lain hasil belajar adalah kemampuan,
sikap, dan keterampilan yang diperoleh siswa setelah ia menerima pembelajaran
yang diberikan oleh guru sehingga dapat mengonstruksikan pengetahuan itu dalam
kehidupan sehari-hari. Menurut Gagne dalam Subur (2015: 11) bahwa hasil belajar ada lima,
yaitu :
1.
Informasi verbal: yaitu hasil belajar yang berupa kemampuan untuk
menyediakan respon yang bersifat spesifik terhadap stimulus yang spesifik pula.
2.
Keterampilan motoric: yaitu kemampuan yang berupa tindakan fisik dan
penggunaan otot untuk melakukan tindakan, kemampuan eksekusi atau pelaksanaan
suatu tindakan untuk mencapai hasil tertentu.
3.
Sikap atau attitude : yaitu kondisi internal yang dapat mempengaruhi
pilihan individu dalam melakukan suatu tindakan.
4.
Keterampilan intelektual: yaitu kemampuan dalam melakukan analisis
dan modifikasi simbol-simbol kognitif atau informasi.
5.
Strategi Kognitif: yaitu kemampuan metakognitif yang diperlihatkan
dalam bentuk kemampuan berpikir tentang proses berpikir dan belajar bagaimana
belajar.
Menurut Subur (2015: 11) bahwa keberhasilan
pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor baik yang bersifat internal maupun
eksternal, teknis maupun nonteknis. beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan
pembelajaran antara lain:
1.
Faktor guru
Dalam kultur pembelajaran di Indonesia, guru
masih merupakan faktor dominan dan menentukan keberhasilan pembelajaran.
2.
Jumlah siswa
Semakin kecil jumlah siswa
dalam kelas akan semakin membuat pembelajaran berkualitas, karena semakin
tinggi dan intensitas interaksi edukatif yang terjadi antara siswa dan guru.
3.
Suasana kelas
Suasana kelas yang demokratif
akan dapat memberi peluang lebih besar bagi terciptanya kondisi belajar yang
efektif dan optimal dalam mencapai tujuan belajar.
4.
Fasilitas Pendukung
Tersedianya sarana pendukung
terutama sumber belajar, bahan ajar dan media pembelajaran sangat membantu
aktivitas dan efektifitas belajar siswa.
5.
Motivasi
Motivasi mampu mengatasi
banyak hal yang menghambat keberhasilan belajar.
c.
Siswa
Siswa adalah komponen masukan dalam sistem pendidikan,
yang selanjutnya diproses dalam proses pendidikan, sehingga menjadi manusia
yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Sebagai suatu
komponen pendidikan, siswa dapat ditinjau dari berbagai pendekatan, antara lai:
pendekatan sosial, pendekatan psikologis, dan pendekatan edukatif atau pedagogis.
Siswa merupakan pelajar yang duduk dimeja belajar
setrata Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa-siswa tersebut belajar untuk
mendapatkan ilmu pengetahuan dan untuk mencapai pemahaman ilmu yang telah
didapat dunia pendidikan. Siswa atau pesetra didik adalah mereka yang secara kh.usus diserahkan oleh kedua orang tuanya untuk
mengikuti pembelajaran yang diselengarakan di sekolah, dengan tujuan untuk
menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berketrampilan, berpengalaman,
berkepribadian, berakhlak mulia, dan mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar