Senin, 08 April 2019

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Konvensional


Model Pembelajaran Konvensional

Model pembelajaran konvensional adalah salah satu model pembelajaran  yang dimana secara lisan atau penjelasan langsung kepada siswa. Model ini juga sering disebut sebagai model pembelajaran tradisional. Pembelajaran dengan  model ini diiringi dengan penjelasan serta pembagian tugas dan latihan, dimana  siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru di depan kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran konvensional mempunyai ciri-ciri yaitu pembelajaran  berpusat pada guru, terjadi pembelajaran yang pasif atau bersifat satu arah, dan jumlah  siswanya juga relatif banyak.
Adapun sintaks pembelajaran konvensional adalah sebagai berikut :
1)        Menyampaikan tujuan. 
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada  pelajaran tersebut.
2)        Menyajikan informasi. 
Guru menyajikan informasi kepada siswa secara tahap demi tahap dengan  metode ceramah.
3)        Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik. 
Guru mengecek keberhasilan siswa dan memberikan umpa balik.
4)        Memberikan kesempatan latihan lanjutan. 
Guru memberikan tugas tambahan untuk dikerjakan di rumah.
Kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran konvensional menurut Sanjaya  (2010: 148) antara lain :
1.        Kelebihan
a.         Dapat menampung kelas besar dan setiap siswa mempunyai kesempatan  yang sama untuk mendengarkan penjelasan guru.
b.        Kemampuan masing-masing siswa kurang mendapatkan perhatian, sehingga isi dari silabus dapat mudah diselesaikan.
c.         Bahan pelajaran dapat diberikan secara urut sesuai kurikulum.
2.        Kekurangan
a.         Materi yang dapat dikuasai siswa terbatas pada apa yang dikuasai guru.
b.        Sangat sulit untuk mengetahui apakah seluruh siswa sudah mengerti apa  yang dijelaskan atau belum.
c.         Membosankan bagi peserta.
d.        Kurang merangsang kreativitas dan sulit mengetahui apakah siswa mengerti atau tidak.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar