Jumat, 22 Januari 2016

Peninggalan Era Hindu-Budha di Desa Kutukan, Randublatung, Blora, Jateng



Peninggalan Era Hindu-Budha
di Desa Kutukan, Randublatung, Blora, Jateng

Era Hindu-Budha merupakan zaman yang sangat lampau ± tahun 1200-an dialami di beberapa daerah di Indonesia. Begitu juga yang ada di Desa Kutukan, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Pada zaman itu menghasilkan beberapa karya cipta yang sangat memesona, walupun bentuknya sederhana.
            Di Desa Kutukan dipercaya merupakan daerah Begede Kutukan di masa itu, dengan adanya bukti banyaknya batu bata yang berserakan di dataran tinggi di desa itu, yang sekarang menjadi ladang milik warga setempat.
            Sebenarnya semua daerah desa itu adalah bekas tempat tinggal orang di masa lampau, dengan adanya bukti pemakaman kuno yang ada di sekitar pemukiman warga. Memang pemakaman tersebut sudah tidak berwujud seperti pemakaman yang sekarang ini. Ya karena pemakamannya sudah beratus-ratus tahun, sehingga sama rata dengan tanah sekitarnya.
            Di era itu semua rumah berukuran kecil, seperti rumah yang ada di suku Sasak di Lombok, NTB. Rumah masa itu langsung satu lokasi dengan pemakamannya, semacam pemakaman keluarga. Jadi setiap rumah memiliki tempat pemakaman tersendiri. Dengan ciri-ciri:
  1. Pemakaman itu bergerombol/berkelompok sesuai dengan keluarganya.
  2. Pada pemakaman itu kepala ada di timur dan kaki ada di barat. Jadi menghadap matahari tenggelam. Berbeda dengan kaum Muslim kan. Dan anggapan yang menyatakan bahwa makam semacam itu merupakan makam orang purba itu pernyataan yang salah.
  3. Setiap orang yang meninggal diberi harta bawaan seperti perhiasan emas, koin perunggu China, perhiasan perunggu, keramik dari China, dan juga gerabah kuno.
Banyak peninggalan di kala itu, seperti yang saya jelaskan di ciri-ciri nomer 3. Banyak warga setempat maupun di luar warga itu yang menemukan benda-benda kuno tersebut, di antaranya ada:
a.       Perhiasan emas
b.      Perhiasan perunggu


c.       Perhiasan manik-manik (monte)

d.      Gerabah

e.       Potongan Gapura

f.       Pecahan gici dan keramik dari China

g.      Koin Perunggu dari China

h.      Batu marmer dari China
i.        Senjata dari besi
j.        Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pada poin f, g, dan h menunjukkan bahwa Desa Kutukan di masa itu juga memiliki hubungan dagang dengan Negeri China. Yang membuktikan bahwa di masa lalu juga menjalin hubungan dagang dengan negeri tetangga walaupun berbeda suku, budaya, dan bahasa.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar